Selasa, 08 April 2008

KEORGANISASIAN

SALAM KEBEBASAN BERFIKIR…!!!

HIDUP HMM……..!!!


q DEFINISI, FUNGSI, dan BENTUK

  • Proses terbentuknya organisasi

Individu Kerumunan Kelompok Organisasi

  • Individu : Manusia secara pribadi
  • Kerumunan :

Kumpulan individu – individu disuatu tempat, dimana Setiap individu mempunyai tujuan masing – masing. (tidak ada satu tujuan). Sebagian besar diantara individu – individu tersebut tidak saling mengenal.

  • Kelompok :

Kumpulan dari individu yang sudah saling mengenal dan memiliki satu tujuan bersama.

  • Organisasi :

Kumpulan dari individu yang sudah saling mengenal, memiliki tujuan bersama, dan melakukan pembagian tugas dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan bersama tersebut. Hal ini memunculkan struktur organisasi.

Dari devinisi diatas, maka organisasi memiliki unsur – unsur yang terdiri atas :

  1. Terdiri dari dua individu atau lebih.
  2. Memiliki tujuan.
  3. Ada kerjasama diantara para individu.
  4. Pengaturan hubungan antara individu, sehinga meunculkan struktur.

FUNGSI ORGANISASI

Salah satu kodrat manusia adalah sebagai mahluk social, oleh karena itu dia dituntut untuk dapat bekerja sama dengan mahluk lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan. Organisasi adalah suatu hubungan kerja sama antar manusia yang terstruktur dan terlembaga, yang mempunyai beberapa fungsi, antara lain :

1. Sebagai alat untuk mencapai tujuan, dimana seseorang mempunyai keterbatasan dalam mencapai tujuan terebut seorang diri.

2. Untuk melestarikan pengetahuan, karena dalah organiasi pasti ada prose transformasi ide, paling tidak yang berkenaan dengan tujuan dan cara organissasi mencapai tujuan tersebut.

3. Wadah untuk melakukan pengembangan diri melalui akualisasi dan kompetisiyang positif diantara para anggota organisasi.

BENTUK – BENTUK ORGANISASI

Secara umum ada dua bentuk organisasi, yaitu :

· Organisasi Lini, dimana pola hubungan mengalir melalui garis vertical dan biasanya bersifat instruktif. Contoh : Organisasi militer.

  • Organisasi Fungsional, lebih menekankan pada pola hubungan horizontal dan yang bersifat koordinatif, dimana setiap bagian telah mngetahui tugas dan tanggung jawabnya secara jelas. Contoh : Organisasi departemen (perhubungan, keuangan, dll).

Organisaisi lini dan fungsional, yaitu pola hubungan organisasi yang menggabungkan bentuk lini dan fungsional. Contoh : Kelompok usaha yang memiliki beerapa jenis usaha dan mempunyai jaringan yang luas. Misal : Lippo Group.

q MANAJEMEN ORGANISASI

Manjemen adalah suatu proses mengatur dan memimpin organisasi untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Dalam organisasi, manajemen memiliki 6 fungsi, yaitu :

  1. Planing : Proses perencanaan kegiatan. (alat yang dipakai adalah 5 W + 1 H)
  2. Organizing : Proses pendelegasian tugas dan wewenang sesuai dengan perencanaan kegiatan yang telah dibuat. (alat yang dipakai adalah struktur organisasi).
  3. Actuating : Proses pelaksanaan dari rencana kegiatan yang telah dibuat, dengan menggerakkan struktur yang telah disusun. (alat yang dipakai adalah 5 W + 1 H serta struktur organisasi).
  4. Controling : Proses control terhadap perangkat organisasi. dimana dengan adanya control diharapkan kegiatan berjalan lebih optimal. (alat yang dipakai adalah analisa SWOT).
  5. Directing : Proses pengarahan dari kegiatan yang sedang dilaksanakan.
  6. Evaluating : Proses pengaevaluasian terhadap pencapaian hasil kegiatan.

Yang dimaksud dengan 5 W + 1H dan analisa SWOT

5 W + 1 H (What, Who, Where, When, Why, How)

v What (apa)

Menentukan hal apa yang akan dijadikan sumber masalah.

v Who (siapa)

Siapa yang menjadi sumber masalah.

v Where (dimana)

Dimana permasalahan ini berlangsung.

v When (kapan)

Kapan permasalahan ini terjadi.

v Why (kenapa)

Kenapa permasalahan ini terjadi.

v How (bagaimana)

Bagaimana permasalahan ini terjadi. Dari hal ini diketahui sebab akibat permasalahan.

SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, Threatness)

Suatu analisa yang terjadi melalui pendataan dengan membandingkan dua hal yang kontradiktif

v Strength (kekuatan/kelebihan)

Penganalisaan sebagai sumber permasalahan yang bersifat mengunggulkan kelebihan yang dimiliki.

v Weakness (kelemahan)

Penganalisaan sumber permasalahan yang bersifat melemahkan atau berupa kekurangan yang dimiliki.

v Opportunity (Kesempatan)

Kesempatan sumber permasalahan yang dapat dijadikan sebagai peluang untuk mencapai tujuan.

v Threatness (ancaman)

Suatu ancaman yang mampu menggagalkan tujuan yang kita inginkan.

q REGENERASI

Suatu proses dalam suatu organisasi untuk mencari generasi – generasi penerus guna menggantikan kepengurusan maupun Kepemimpinan ditahun berikutnya.

Proses ini biasanya dilakukan dengan cara pelatihan – pelatihan formal dan informal. Sebagai contoh :

v Pelatihan Formal :

1. LKMM / Diklat

Yang selalu dilaksanakan oleh Organisasi khususnya HMM guna memberikan bekal wacana dan pengetahuan tentang Organisasi dan kepemimpinan.

2. Kepanitiaan PROKER HMM

Pelatihan ini dilaksanakan secara bersama – sama antara Pengurus atau komisi dan anggota aktif HMM yang baru melalui suatu kepanitiaan guna mensukseskan suatu kegiatan yang diselenggarakan HMM.

v Pelatihan Informal :

Pelatihan ini dilaksanakan dengan cara sharing discus dikampus maupun luar kampus.

Dalam suatu organisasi Regenerasi sangatlah diperlukan karena mengingat bahwa setiap pergantian tahun atau kepengurusan kita mempersiapkan dan mempunyai calon pemimpin baru yang bisa memimpin organisasi tersebut menuju yang lebih baik dari tahun – tahun sebelumnya.

q HUBUNGAN ORGANISASI dan BIROKRASI

Sebuah organisasi sangat erat hubungannya dengan birokrasi (system/lembaga yang menaungi) organisasi tersebut. Organisasi kita dilingkungan kampus selalu akan berinteraksi dengan pihak lembaga baik dalam kegiatan maupun kebijakan – kebijakan yang melibatkan mahasiswa.

Dalam setiap kegiatan yang dilakukan ormawa perlu adanya pemberitahuan kepada pihak lembaga guna mendapatkan izin dan dana yang akan kita gunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Untuk memberitahukan kegiatan yang akan kita laksanakan dan mendapatkan dana tersebut kita menggunakan surat formal berupa proposal kegiatan. Dalam proposal ini memuat penjelasan lengkap tentang kegiatan yang akan kita laksanakan mulai dari pendahuluan, tujuan, sasaran, waktu kegiatan, kepanitian, susunan acara, anggaran dana, dan lembar pengesahan yang ditanda tangani oleh pihak – pihak yang berwenang. Yang perlu digaris bawahi disini adalah bahwa dana yang kita pakai untuk setiap kegiatan kita adalah uang dari MAHASISWA. Oleh karenanya kita harus bisa mempertanggungjawabkannya benar – benar untuk kepentingan mahasiswa.

Selain dalam mengadakan kegiatan, Ormawa sebagai perwakilan mahasiswa juga harus bisa memperjuangkan perubahan demi kepentingan mahasiswa. Terkadang banyak sekali kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan lembaga merugikan mahasiswa. Hal ini yang sering menjadikan PRO dan KONTRA antara ormawa dan lembaga. Permasalahan seperti ini yang perlu kita kritisi dan kita perjuangkan agar lembaga tidak semena – mena dalam menentukan kebijakan. Apabila terjadi konflik seperti ini, kita gunakan negosiasi untuk mencari win – win solution atau jalan tengah untuk menyelesaikannya.

Sebelum melakukan perubahan terdapat hal-hal yang perlu dilakukan, diantaranya :

1. Tujuan

Tujuan melakuka perubahan ini harus jelas karena terkait dengan visi dan misi yang ada didalam suatu organisasi.

2. Derajat masalah

Suatu proses dimana terjadi apabila permasalahan dipandang mudah.

3. Keterkaitan masalah

Masalah yang akan diubah

4. Hirarki organisasi yang jelas

Digunakan untuk mengendalikan suatu organisasi untuk melakukan suatu perubahan

5. Tingkat kesetiaan

Perubahan yang akan dilakukan itu apakah membuat organisasi menjadi lebih baik atau malah jadi dilema.

Setiap individu ada pro dan kontra teradap adanya sebuah perubahan dalam setiap organisasi, individu yang pro memandang bahwa perubahan yang dilakukan akan membawa lingkungan organisasinya pada sesuatu yang membawa pada keadaan yang lebih baik, sedangkan individu yang kontra merasa bahwa perubahan yang akan dilakukan akan membawa organisasinya pada kerugian ancaman dan merusak sistem

SALAM KEBEBASAN BERFIKIR…!!!

HIDUP HMM……..!

Tidak ada komentar: